BAB 4

14 10 2011

TUJUAN & FUNGSI KOPERASI

Badan Usaha Koperasi

Tujuan & Nilai Koperasi

Kegiatan Usaha Koperasi

Badan Usaha

¢  Koperasi adalah badan usaha atau perusahaan yang tetap tunduk pada kaidah & aturan prinsip ekonomi yang berlaku (UU No. 25, 1992)

¢  Mampu untuk menghasilkan keuntungan dan mengembangkan organisasi & usahanya

¢  Ciri utama koperasi adalah pada sifat keanggotaan; sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa

¢  Pengelolaan koperasi sebagai badan usaha dan unit ekonomi rakyat memerlukan sistem manajemen usaha (keuangan, tehnik, organisasi & informasi) dan sistem keanggotaan (membership system)

Tujuan & Nilai

Perusahaan Bisnis

¢  Theory of the firm; perusahaan perlu  menetapkan tujuan

l  Mendefinisikan organisasi

l  Mengkoordinasi keputusan

l  Menyediakan norma

l  Sasaran yang lebih nyata

¢  Tujuan perusahaan :

Maximize profit, maximize the value of the firm, minimize cost

Koperasi

¢  Berorientasi pada profit oriented & benefit oriented

¢  Landasan operasional didasarkan pada pelayanan (service at a cost)

¢  Memajukan kesejahteraan anggota merupakan prioritas utama (UU No. 25, 1992)

¢  Kesulitan utama pada pengukuran nilai benefit dan nilai perusahaan

Kontribusi Teori Bisnis pada Success Koperasi

¢  Maximization of sales (William Banmoldb); usaha untuk memaksimumkan penjualan setelah keuntungan yang diperoleh telah memuaskan para pemegang saham (stake holders)

¢  Maximization of management utility (Oliver Williamson); penerapan pemisahan pemilik dan manajemen (separation of management from ownership) dan maksimalisasi penggunaan manajemen

¢  Satisfying Behaviour (Herbert Simon); diperlukan adanya perjuangan dan usaha keras dari pihak manajemen untuk memuaskan beberapa tujuan yang telah ditentukan, seperti sales, growth, market share, dll.

Kontribusi Teori Laba pada Success Koperasi

¢  Konsep laba dalam koperasi adalah SHU; semakin tinggi partisipasi anggota, maka semakin tinggi manfaat yang diterima.

¢  Innovation theory of profit; perolehan laba yang maksimal karena adanya keberhasilan organisasi dalam melakukan inovasi terhadap produknya.

¢  Managerial Efficiency Theory of profit; organisasi  yang dikelola dengan efisien akan meraih laba di atas rata-rata laba normal.

Kegiatan Usaha

¢  Key success factors kegiatan usaha koperasi :

l  Status dan motif anggota koperasi

l  Bidang usaha (bisnis)

l  Permodalan Koperasi

l  Manajemen Koperasi

l  Organisasi Koperasi

l  Sistem Pembagian Keuntungan (Sisa Hasil Usaha)

Status & Motif Anggota

¢  Anggota sebagai pemilik (owners) dan sekaligus pengguna (users/customers)

¢  Owners : menanamkan modal investasi

¢  Customers : memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dengan maksimal

¢  Kriteria minimal anggota koperasi

Tidak berada di bawah garis kemiskinan & memiliki potensi ekonomi

Memiliki pola income reguler yang pasti

¢  Konsepsi Keanggotaan Koperasi

Bisnis Koperasi

¢  Usaha yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

¢  Dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat (bila terdapat kelebihan kapasitas; dalam rangka optimalisasi economies of scale).

¢  Usaha dan peran utama dalam bidang sendi kehidupan ekonomi rakyat.

Permodalan Koperasi

¢  UU 25/992 pasal. 41; Modal koperasi terdiri atas modal sendiri dan modal pinjaman (luar).

¢  Modal Sendiri ; simpanan pokok anggota, simpanan wajib, dana cadangan, donasi atau dana hibah.

¢  Modal Pinjaman; bersumber dari anggota, koperasi lain dan atau anggotanya, bank dan lembaga keuangan lainnya, penerbitan obligasi dan surat hutang lainnya dan sumber lainnya yang sah.

Alternatif Pemenuhan Modal

¢  Prinsip alokasi flow permodalan :

Dana jangka pendek digunakan untuk pembiayaan modal kerja

Dana jangka panjang digunakan untuk modal investasi

¢  Melakukan pendekatan model badan usaha non koperasi (swasta / persero), dengan berdasarkan atas saham kepemilikan.

¢  Akses permodalan pinjaman dan bantuan program dari luar negeri.

Sumber :

http://ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9894/Ekop+Bab+IV.Tujuan+%26+Fungsi+Koperasi.ppt

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: