ASAL USUL SHALAT LIMA WAKTU

7 12 2010

(QS Al-Isra [17]: 1 dan QS Al-Najm [53]: 13-18)


al-isra ayat 1

Sudah tahu kan, shalat adalah rukun islam yang kedua. Oleh karena itu, semua umat islam diwajibkan untuk menunaikan shalat lima waktu, yaitu shalat subuh, dzuhur, asar, maghrib, dan isya. Namun, kapankah shalat ini pertama kali dilaksanakan dan kemudian diwajibkan kepada umat manusia?

Nabi Adam adalah nabi pertama yang mengajarkan shalat subuh. Saat itu, beliau baru saja diturunkan dari surga ke dunia oleh Allah SWT karena sudah melanggar larangan Allah. Saat itu, bumi masih gelap gulita. Nabi Adam merasa sangat ketakutan karena baru sekali itu menginjakkan kakinya di dunia dan kegelapan yang menyambutnya. Saat Subuh menjelang dan matahari mulai terbit, Nabi Adam pun melaksanakan shalat dua rakaat sebagai tanda syukur karena sudah terbebas dari kegelapan malam dan diberikan cahaya matahari sebagai gantinya.

Nabi Ibrahim adalah nabi yang pertama mengerjakan Shalat Dzuhur. Beliau melakukan shalat sebanyak empat rakaat setelah beliau mendapat wahyu dari Allah SWT untuk menyembelih puteranya, Nabi Isma’il dengan seekor domba kurban. Shalat ini didirikan oleh Nabi Ibrahim pada saat matahari sudah tepat di atas ubun-ubun kepala.

Nabi Yunus adalah nabi pertama yang mengerjakan Shalat Asar. Saat itu, Nabi Yunus baru saja dimuntahkan oleh ikan paus yang sudah menelannya selama beberapa waktu lamanya. Berdiam lama di dalam perut ikan paus yang penuh dengan kegelapan membuat Nabi Yunus teringat dengan segala dosa-dosa yang sudah dilakukannya. Oleh karena tu, ketika ikan paus memuntahkan dan melemparkannya ke sebuah pantai yang tandus, beliau langsung mendirikan shalat empat rakaat. Shalat ini sebagai rasa syukurnya kepada Allah SWT karena telah terbebas dari dalam perut ikan paus dan kegelapan yang sudah menutupi mata dan hatinya selama ini. Nabi Yunus mendirikan shalat ini ketika waktu sudah memasuki waktu shalat Asar.

Nabi Isa adalah nabi pertama yang mengerjakan Shalat Maghrib. Beliau melaksanakan Shalat Maghrib keika Allah SWT menyelamatkannya dari kejahilan dan kebodohan kaumnya sendiri. Shalat itu didirikan tiga rakaat pada saat matahari sudah terbenam. Nabi Isa melakukan shalat ini sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Allah SWT karena sudah diselamatkan dari kejahilan tersebut.

Nabi Musa adalah nabi pertama yang mengerjakan shalat isya. Saat itu Nabi Musa dan isterinya, Shafura, sedang dalam perjalanan menuju tanah kelahiran Nabi Musa di Mesir setelah sebelumnya tingal bersama Syuaib. Mereka kesulitan mencari jalan keluar yang aman dari Madyan karena tentara Fir’aun sedang mencarinya di seluruh penjuru negeri. Sementara itu, Nabi Musa takut tentara Fir’aun akan menemukannya dan menyerahkannyapada Fir’aun yang zalim. Kegundahan Nabi Musa akhirnya didengar Allah SWT yang langsung menghilangkan rasa gundah itu dari hati Nabi Musa. Sebagai rasa syukur, Nabi Musa mendirikan shalat empat rakaat pada saat malam hari.

Pada peristiwa Isra dan Mi’raj. Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan menaiki Burak dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kemudian diterbangkan ke langit tertinggi yang disebut Sidratul Muntaha oleh Allah SWT. Dalam peristiwa ini, Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan kelima shalat ini dalam lima waktu yang harus dilaksanakan satu hari satu malam. Peristiwa Isra Mi’raj ini menjadi tonggak bagi umat Islam karena pada saat itulah kewajiban shalat lima waktu  diwajibkan bagi seluruh umat Islam. Nah, sudahkah kalian shalat?

shalat

SHALAT LIMA WAKTU

Salat yang wajib dilakukan sehari semalam adalah lima kali dengan jumlah rakaat sebanyak tujuh belas rakaat.

Perintah shalat ini disampaikan oleh Allah SWT kepasa Rasulullah SAW pada peristiwa Isra Mi’raj. Pada saat itu, Allah SWT mewajibkan, umat islam untuk shalat lima puluh kali dalam sehari. Tapi atas saran Nabi Musa, Rasulullah SAW memohon kepada Allah SWT untuk mengurangi jumlah waktu shalat sampai akhirnya mencapai lima kali dalam sehari.

Advertisements

Actions

Information

6 responses

2 01 2011
Atak Saputra

Saya Suka Skali dgn artikel asal-usul sholat lima waKTU. Kemudian ada nga penjelasan mengenai kenapa subuh itu 2 rakaat, Dzuhur itu 4 Rakaat dll. Serta Makna Apa yg bisa diungkap dari sHOLAT DARI sudut Pandang Kesehatan & Rezeki ( Pekerjaan & Uang ) Terima Kasih……………………………….

30 05 2011
dhika

link gambarnya di copy wat di facebook, sekalian share (like), mudah2an akan lebih banyak yg mengetahui artikel ini, dan mengingatkan yg sudah tahu

29 10 2011
ahmeed

bagus banget artikelnya makasih ya atas bantuannya karena saya juga mau mengajarkannya kepada anak anak didik saya tapi kalau bisa ditulis juga referensinya dari mana oleh siapa

9 11 2011
irvan yunianto

hanya orng beriman yang percya, km org kafir jd jangan comment sembarangan

8 02 2013
Serlhy

Allhmdllah, trimakasih atas pljranx 🙂

25 04 2013
wisnu

Menurut pendapat saya membaca dari kitab yang lain asal muasalnya utk sholat 5 waktu yaitu :
1. Waktu sholat shubuh: Nabi Adam yang mengerjakan sholat shubuh pertama kali dengan jumlah 2 rakaat karena beliau diberikan oleh Allah SWT yg pertama Nyawa dan kedua wujud.ada juga sahadatnya nabi adam.
2. Waktu sholat Dhuhur : Nabi Nuh yang mengerjakan sholat dhuhur pertama kali dengan jumlah 4 rakaat karena beliau diberikan oleh Allah SWT yaitu 2 telinga dan 2 kaki.termasuk sahadatnya nabi nuh.
3. Waktu sholat Ashar : Nabi Ibrahim yang mengerjakan sholat ashar pertama kali dengan jumlah 4 rakaat karena beliau diberikaN oleh ALLAH SWT yaitu 2 mata dan 2 tangan. termasuk sahadatnya nabi ibrahim.
4. Waktu Sholat Magrib : Nabi Musa yang mengerjakan sholat maghrib pertama kali dengan jumlah 3 rakaat karena beliau diberikan oleh Allah SWT yaitu Mulut, Lisan dan hati.termasuk sahadatnya nabi musa.
5. Waktu sholat Isya : nabi Isa yang mengerjakan sholat isya pertama kali dengan jumlah 4 rakaat karena beliau diberikan oleh Allah SWT yaitu punya 2 lubang hidung, nafas dan darah.termasuk sahadatnya nabi isa.
6. Nabi Muhammad SAW sebagai penyempurna semuanya….
ini hanya ringkasan saja…untuk sisanya silahkan pelajari lagi…

Terima kasih

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: